Definisi Dan Contoh Appeal to Accomplishment

Home Forum Logical Fallacy / Kesalahan Logika Definisi Dan Contoh Appeal to Accomplishment

Topik ini mengandung 0 balasan, memiliki 1 suara, dan terakhir diperbarui oleh  ixplain 1 bulan, 3 minggu yang lalu.

Melihat 1 tulisan (dari total 1)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #1638

    ixplain
    Keymaster

    Deskripsi: Melindungi sebuah argumen dari kritik dengan menggunakan pencapaian dan kesuksesan dari seorang yang membuat argumen.

    Bentuk dari kesalahan yang satu ini terjadi disaat sebuah argumen diukur berdasarkan pencapaian atau kesuksesan orang yang mengeluarkan argumen, dibandingkan bobot dari argumen itu sendiri.

    Bentuk kesalahan berlogika yang satu ini:

    Si A menyatakan bahwa X adalah benar.

    Si A orang sukses.

    Oleh karenanya, X pastilah benar.

    Si B menghadirkan bukti melawan pernyataan si A.

    Si B malah disuruh diam karena ia tidak sesukses A.

    Contoh #1:

    Saya sudah berpergian kemana-mana dan sudah sering menceritakan kesuksesan saya kemana-mana. Maka yakin deh kalau saya bilang tidak ada hobi seenak mengumpulkan perangko.

    Penjelasan: Manusia cenderung kagum terhadap pencapaian dan kesuksesan, namun sama sekali tidak nyambung jika dijadikan pembenaran untuk mengumpulkan perangko.

    Banyak sekali orang yang sukses namun jahat, tidak bermoral, tidak sensitif, penuh kebencian, pendusta, menyedihkan dan juga banyak salah mengenai banyak hal.

    Contoh #2:

    Saya lulusan sastra universitas Indonesia, dan telah menulis 20 buku, dan telah bertemu dengan banyak sastrawan. Oleh karena itu jika saya mengatakan bahwa angkatan pujangga lama suka makan cokelat, maka anda harus mempercayai saya.

    Penjelasan: Pencapaian orang ini memang terlihat mengesankan, namun mustahil pencapaian ini dijadikan acuan bahwa angkatan pujangga lama suka makan cokelat.

    Pengecualian: Pencapaian bisa pula digunakan sejauh berhubungan dengan argumen. Contohnya sebagai berikut:

    Saya sudah banyak makan asam garam di dunia properti dan mencapai banyak sukses. Maka percayalah jika saya katakan bahwa jikalau kamu tahu bisnis ini, maka properti bisa menjadi sumber penghasilan yang amat menguntungkan.

    Tips: Banyak orang sukses sering memanfaatkan kesuksesan mereka agar suaranya dianggap sebagai otoritas mengenai banyak hal.

    Maka jangan pernah bersandar kepada kesuksesan seseorang sebagai ukuran kebenaran terhadap pernyataan yang mereka buat. Periksa bukti, itulah yang penting.

Melihat 1 tulisan (dari total 1)

Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.