Definisi Dan Contoh Special Pleading

Home Forum Logical Fallacy / Kesalahan Logika Definisi Dan Contoh Special Pleading

Topik ini mengandung 0 balasan, memiliki 1 suara, dan terakhir diperbarui oleh  ixplain 1 bulan, 3 minggu yang lalu.

Melihat 1 tulisan (dari total 1)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #1636

    ixplain
    Keymaster

    Deskripsi: Special pleading adalah menerapkan standardisasi, prinsip dan aturan kepada orang lain dan kepada sebuah kondisi, namun membebaskan dirinya dari semua aturan dan standardisasi itu, tanpa menyertakan alasan yang benar.

    Alasan munculnya special pleading: Special pleading seringkali terlahir dari perasaan emosi yang tinggi dan mencampur adukan alasan.

    Contoh kasus special pleading #1:

    Saya mengerti bahwa mengkonsumsi dan membawa narkoba harus dihukum, namun pak polisi, dia itu putra saya! Dia sebenarnya anak yang baik hanya sedang dirundung masalah sehingga ia melakukan kesalahan ini.

    Penjelasan: Orang tua pada contoh ini mengerti bahwa membawa narkoba dan mengkonsumsinya harus dihukum. Namun begitu, dikarenakan perasaan emosi besar terhadap putranya, si orang tua telah melakukan kesalahan berlogika bahwa putranya harus dibebaskan dari aturan hukum, karena “dia anak yang baik yang sedang dirundung masalah sehingga melakukan kesalahan”.

    Alasan si orang tua tidak akan dipertimbangkan sebagai pembenaran yang pantas untuk membebaskan si anak dari jerat hukum.

    Tips: Jika anda dituduh melakukan argumen special pleading, maka cobalah berfikir jernih dan meninjau secara jujur apakah tuduhan itu benar dan tepat.

    Karena kesalahan berlogika yang satu ini mudah sekali dikenali jika orang lain yang melakukannya, namun sulit diidentifikasi jikalau kita sendiri yang melakukannya.

Melihat 1 tulisan (dari total 1)

Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.